Mengenal Propaganda dan Tujuannya

 

Ilustrasi Propaganda by GPS Indonesia

Jakarta, BOSS INDONESIA - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), propaganda adalah penerangan (paham, pendapat, dan sebagainya) yang benar atau salah yang dikembangkan dengan tujuan meyakinkan orang agar menganut suatu aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu.

Pengertian Propaganda Menurut Ahli

  • Ralph D Casey. Propaganda adalah suatu bentuk usaha yang akan dilakukan secara sadar dan sengaja untuk menetapkan suatu sikap dan mengubah pendapat yang berkaitan dengan doktrin atau program dari pihak lain. Ini adalah tindakan dari berbagai lembaga komunikasi untuk menyebarkan fakta dalam semangat kejujuran dan objektivitas.
  • Bernays. Propaganda merupakan usaha yang bersifat konsisten dan secara terus-menerus agar bisa membentuk dan menciptakan berbagai peristiwa yang bertujuan mempengaruhi suatu hubungan publik dengan kelompok atau penguasa.
  • Onong Uchjana Effendy. Propaganda adalah suatu bentuk komunikasi secara terencana, sistematis, dan berulang agar mempengaruhi seseorang, khalayak, atau bangsa agar mereka melakukan kegiatan tertentu dengan kesadaran sendiri, tanpa paksaan atau dipaksa.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa propaganda merupakan suatu bentuk penyebaran informasi berupa fakta, rumor, atau argumen, yang benar, setengah benar, atau bahkan kebohongan, demi mempengaruhi opini publik.

Lebih sederhanya, propaganda adalah wujud upaya yang sistematis, yang bertujuan untuk memanipulasi sikap, kepercayaan, atau tindakan orang lain melalui simbol, seperti gerak tubuh, kata-kata, spanduk, musik, pakaian, gaya rambut, desain, dan sebagainya.

Macam-Macam Propaganda

  1. White Propaganda
  2. Black Propaganda
  3. Grey Propaganda
  4. Ratio Propaganda
Teknik-Teknik Propaganda
  1. Bandwagon
  2. Testimonial
  3. Plain Folks
  4. Transfer
  5. Name-Calling
  6. Card Stacking
  7. Glittering Generalities

Tujuan Propaganda

Tujuan propaganda adalah untuk mempengaruhi pandangan, sikap, dan tindakan orang dengan menyebarkan pesan atau informasi tertentu yang dirancang untuk memenuhi tujuan tertentu. Propaganda sering digunakan dalam politik, perang, bisnis, dan kampanye sosial untuk memperkuat posisi atau agenda tertentu.

Tujuan propaganda dapat bervariasi tergantung pada kepentingan dan sumber yang menyebarkan pesan tersebut. Beberapa tujuan propaganda yang umum termasuk :

  1. Mempromosikan atau mengiklankan produk atau layanan tertentu
  2. Mempengaruhi opini publik tentang suatu isu atau masalah tertentu
  3. Meningkatkan dukungan atau ketidaksetujuan terhadap partai politik atau kandidat tertentu
  4. Meningkatkan dukungan untuk tujuan sosial atau amal tertentu
  5. Meningkatkan persepsi positif tentang suatu kelompok atau organisasi tertentu
  6. Mendorong kebijakan pemerintah atau perubahan hukum yang diinginkan
  7. Membentuk citra tertentu pada suatu individu, kelompok atau organisasi

Meskipun propaganda dapat digunakan dengan tujuan positif, seperti meningkatkan kesadaran tentang isu sosial atau memberikan informasi yang berguna, namun dapat juga digunakan dengan tujuan negatif, seperti memicu ketakutan atau memanipulasi opini publik dengan informasi yang salah atau tidak akurat.

Sumber:mediaindonesia, https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/579061/mengenal-propaganda-dan-tujuannya

========================================

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Propaganda dan Tujuannya"

Posting Komentar